8/15/2009

Perhitungan Biaya Usaha Jamur Tiram Putih

Dalam Memulai usaha tentunya kita harus menghitung-hitung berapa biaya yang akan keluar dan berapa bulan BEP nya, sehingga dalam menjalani usaha tentunya yang kita peroleh yaitu keuntungan dan bukan kerugian. Dan berikut Perhitungan Sederhana Analisa Usaha Jamur Tiram.
Penjualan Jamur Tiram Segar.
Analisa hasil penjualan jamur tiram segar,jika 1000 baglog di budidaya sendiri.Media tumbuh jamur/baglog dengan jumlah skala kecil 1000 baglog ,kemampuan tumbuh jamur 4-7 kali keluaran jamur setiap baglog,atau 0,7 x berat media :
0,7 x 1,25 kg = 0.8 kg/baglog
0.8 x 1000 baglog = 800kg .
Jika harga jual jamur tiram per kilogram Rp.10.000,-
maka Rp.10.000,- x 800 kg = Rp.8.000.000,-
perolehan kotor penjualan jamur tiram segar .bertahan sampai 6 bulan

Sedangkan modal kita untuk membeli baglog
2000,- / log x 1.000 = Rp. 2.000.000,-

Maka hasil yang kita peroleh :
8.000.000 - 2.000.000 = 6.000.000,-

BEP akan kita dapatkan yaitu bulan kedua.....
Gimana memuaskan....?????

10 komentar:

  1. mas jojok..saya tertarik dengan budidaya jamur ini...tapi gimana saya harus memulai?karena saya awam sama sekali tentang jamur....persiapan apa yang harus saya lakukan?...tempat yang seperti apa yang cocok?..darimana dapat bibitnya?..baglog itu apa?...bagaimana perawatannya?..rumit kagak?..bagaimana pemasarannya?...kalau dikonsumsi sendiri bisa dimasak apa saja?...kenapa gak dibuat mendetail?...biar saya bisa ikut budidaya jamur...

    maaf tanya terlalu banyak...sebelumnya saya ucapkan terima kasih...

    dari bayu jakarta..

    BalasHapus
  2. Waduh mas bayu kayak detektif aja. Tapi kalo mau belajar ini saya ada paket VCD dan 2 botol bibit untuk beginer. dimana di dalam terdapat pelatihan pembuatan media jamur sampai dengan perawatannya. dan juga konsultasi gratis via sms maupun tlp... tks

    BalasHapus
  3. klo boleh tau alamat jelasnya mn y.... skalian cantumin no hp skalian y mas.. tks

    BalasHapus
  4. lokasi tepatny pati bagian mana y mas,, ??

    BalasHapus
  5. mas kalo saya mau menjual jamur kamu tahu pedagang nya ngggak ?

    BalasHapus
  6. teguh ds ngepungbrojo rt 3 rw 2 kec.pati

    BalasHapus
  7. menerima jamur tiram segar. juga menjual jamur tiram. teguh ds ngepung rojo rt3 rw2 kec pati.
    sms/telpon lebih baik. d nmer 085326859337 ani

    BalasHapus
  8. kalau mau ke sana buat tanya-tanya boleh?
    Dari Ibu Yati Genengmulyo, Juwana

    BalasHapus
  9. Alamate mana to mas aku tak main

    BalasHapus